THRESHOLDING

            Assalamualaikum sahabat blogger, dihari jumat yang mudah-mudahan penuh berkah buat kita semua, ditengah kesibukan mengajar, disela-sela waktu saya menyempatkan diri menulis, bukan ilmu yang baru, mungkin hanya sekedar refrensi buat mahasiswa yang sedang belajar pengolahan citra.

kali ini saya membahas tentang thresholding atau bahasa bataknya operasi ambang batas, atau memetakan pixel yang memenuhi syarat ambang batas dipetakan ke satu nilai pixel yang dihendaki, rumusnya sebagai berikut bro.
Keterangan:
f0(x,y)    : adalah citra hasil threshold
T           : Nilai Pemetaan Pixel

dimisalkan T1 =50,T2=100 T3=150, maka dapat dipetakan seluruh nilia yang berada daro 0-50 akan diganti dengan nilai 50, yang berada antar 50 sampai 100 diganti dengan nilai 100, yang berada antara 100 sampai 150 diganti dengan nilai 150, begitu seterusnya sesuai dengan pemetaan yang dibuat, dan pembentukan peta harus sesuai dengan kebutuhan, contoh operasi abang batas tunggal.

OPERASI AMBANG TUNGGAL

operasi ambang batas tunggal adalah yaitu batas pembagian hanya satu, berarti nilai pixel dikelompkan menjadi dua kelompok seperti ditunjukan pada rumus berikut:
Piksel-piksel yang nilainya intensitasnya dibawah 128 diubah menjadi hitam(nilai intensitas 0), sedangkan piksel-piksel yang nilai intensitanya diatas 128 diubah menjadi warna putih( nilai intensitas = 255)

contoh perhitungan dapat dilihat pada gambar berikut:


hingga didapatkan hasil menjadi citra biner seperti gambar berikut:


ya sangat sederhana bukan...!!!
terimakasih telah membaca gan.
nantikan pembahasan berikutnya.. insya allah selanjutnya mengenai gabor filter dan beberapa contoh aplikasi pengolahan citra yang berhasil saya buat, seperti deteksi wajah, plat kendaraan, sensor gerak dll, lengkap dengan perhitungan manual dari masing-masing.. doakan saya untuk bisa terus membuat penelitian yang berguna...

kalau baca beri komentar ya gan....

sampai jumpa pada artikel berikutnya.

 

Komentar

  1. Maaf mau bertanya
    Bagaimana dengan perhitungan ambang batas atau double thresholding ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hitung Manual Gabor Filter

Keceraha (Brightness)